Jejeran Direktur Asal India

Untuk menjadi seorang yang kaya raya, salah satu profesi yang dapat mewujudkan mimpi Anda tersebur adalah dengan bekerka sebagai direktur atau yang lebih necis disebut dengan Chief Executif Office (CEO). Gaji seorang CEO sebuah perusahaan sudah pasti setinggi langit, hal ini bukanlah tanpa sebab, melainkan tanggung jawab seorang CEO juga berbanding lurus dengan gaji setinggi langitnya.

Pasti Anda mengenal dengan dua perusahaan raksasa dunia, yaitu Google dan Microsoft. Apakah dengan fakta bahwa CEO dari kedua perusahaan tersebut adalah orang India akan membuat Anda tercengang? Ya, pemimpin dua perusahaan yang kita kenal baik tersebut berasal dari negara miskin di Asia tersebut. Meskipun kesenjangan sosial di sana tinggi sekali, namun beberapa dari mereka justru sangat sukses. Berikut jajaran CEO perusahaan raksasa yang berasal dari India.

  1. Rashmi Sinha

    Image sorce : http://women2.com/

    Image sorce : http://women2.com/

Memegang gelar doktor dari Universitas Brown menjadikan Rashmi seorang co-founder dari Slideshare, sebuah situs di internet yang mampu melihat dokumen dari Microsoft Office secara online dan mengubahnya menjadi bentuk video.

  1. Sabeer Bhatia

    image sorce : inc42.com

    image sorce : inc42.com

Apakah Anda memakai hotmail sebagai domain email Anda? Jika ya, adalah Sabeer Bhatia, orang yang berada di balik layanan email besar tersebut. Ialah yang membangun hotmail. Sabeer mendapatkan gelar master dari Universitas Stanford.

  1. Satya Nadella

    image source : inc42.com

    image source : inc42.com

Perusahaan yang dibangun oleh salah satu miliarder dunia, Steve Jobs, dewasa ini dipimpin oleh orang India bernama Satya Nadella. Dialah orang yamg beruntung menggantikam Steve Ballmer, CEO Microsoft sebelumnya. Satya dianggap memiliki jiwa kepemimpinan sehingga ia dipromosika menjadi CEO.

  1. Sundar Pichai

    image source : thehindu.com

    image source : thehindu.com

Pastinya Anda akrab dengan Google Chrome dan Google Drive. Kedua inovasi tersebut tak lepas dari peran seorang Sundar Pichai. Dia adalag seorang jago teknik informatika (TI). Pichai mendapat gelar MBA dari Pennsylvania University. Dia bergabung dengan Google pada tahun 2004 dengan menjabat sebagai Manajer Produk. Ia didaulat sebagai CEO selang 9 tahun setelah kontribusinya yang cukup besar di Google.

Selain itu, ada banyak nama-nama orang India yang menjadi pimpinam perusahaan raksasa, seperti CEO Adobe Shantanu Narayen, CEO Nokia Rajeev Suri, CEO NetApp George Kurien, CEO PespiCo Indra Nooyi dan lain-lain.

Bila Anda penasaran mengapai negara yang ditngarai lebih miskin dari Indonesia ini banyak yang mejadi pimpinan perusahaan-perusahaan raksasa dunia, maka jawabannya adalah bukan karena kebetulan. Jadi, para miliarder India yang memiliki perusahaan mendirikan dan membangun jaringan mereka di Sillicon Valey, Amerika Serikat sekitar 30 tahun silam. Bukanlah satu dua tahun mereka mencoba membangun India yang lebih baik, tapi sudah puluhan tahun. Hasil kerja keras ini tidak sia-sia, melihat banyak orang Indi yang menjadi CEO perusahaan-perusahaan raksasa. Di Indonesia sendiri, Go-Jek bekerja sama dengan beberapa start-up India untuk mengembangkan aplikasi mereka. Hal ini pun menjadi cerminam bahwa India sudah lebih maju daripada Indonesia dalam masalah teknik informatika.

Beberapa hal lain yang menjadikan orang India banyak memimpin perusahaan-perusahaan dunia adalah gaya kepemimpinannya yang merangkul semua. Mereka sudah biasa dengan berbagai perbedaan, mengingat dewa mereka yang banyak dan pendidikan mereka di luat negeri. Kedua hal tersebur membuat orang India lebih bisa menoleransi perbedaan. Kedua, bahasa Inggris mereka cakap. Tidak seperti China dan Korea yang walaupun negara mereka maju, namun jarang bisa bicara bahasa Inggris, atau lebih tepatnya enggan. Orang India memiliko prinsip yang berbeda. Mereka belajar bahasa Inggris karena tahu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan orang asing dan tentu dapat memahami mereka. Ketiga, mereka kuliah di universitas-universitas top dunia. Dari hal inilah mereka menempa diri hingga mencapai kualifikasi dan syarat untuk bekerja di perusahaan-perusahaan besar. Terakhir, mereka rela dibayar dengan gaji yang tidak besar. Ya, mereka tidak neko-neko mengenai gaji, walaupun mereka adalah lulusan universitas top dunia dan memiliki segudang pengetahuan di bidangnya masing-masing. Karena kelima hal inilah, orang India dapat menempati posisi CEO di perusahaan-perusahaan top dunia. Tentu, hal ini membuat mereka mendapatkan pundi-pundi emas dalam tempo singkat.

Semua itu yang mereka lakukan tidak jauh-jauh dari investasi. Mereka telah menginvestikan pendikan pada diri mereka sendiri. Sehingga pendidikan lah yang membawa mereka sampai pada posisi seperti saat ini. Kalau kalian ingin berhasil seperti mereka, kalian juga harus coba melakukan investasi. Investasi yang harus kalian lakukan tidaklah harus berbentuk pendidikan tetapi dapat berupa rupiah. Ingen tahu lebih lanjut tentang jenis investasi apa yang cocok, coba kunjungi panduan cara cepat dapat uang rupiah dari penghasilan tambahan dengan investasi jangka pendek